Langganan Artikel

Rahasia Kedua Meningkatkan Omset Toko Online Anda
0 View

Setelah mengetahui rahasia pertama untuk meningkatkan omset Toko Online Anda dan mempraktekkannya, saya yakin omset Anda akan naik. Mau semakin naik omset Anda?
Di artikel ini saya akan membahas apa rahasia dan strategi kedua yang bisa Anda lakukan untuk membuat omset bisnis Anda semakin meningkat. Strategi kedua ini bisa dilakukan apapun bisnis Anda, tidak hanya di bisnis toko online kok, malah idenya dapatnya dari bisnis offline πŸ™‚

Rahasia Kedua Meningkatkan Omset Bisnis Anda

Apa itu? Jawabannya adalah: Buat Program Promosi Secara Berkala!
Anda tentu menyadari bukan, bahwa retailer besar seperti Hypermart, Carrefour, Sogo, Ace Hardware dan masih banyak lagi, selalu membuat Program Promosi dan lalu menginformasikan ke kita lewat koran, spanduk, sms, email dll.
promotion-wordsPerhatikan saat Anda masuk retailer besar tersebut, seringkali Anda disodorin sebuah brosur yang berisi produk-produk yang sedang promo, betul tidak?
Saya tahu persis kalau istri saya sampai menerima brosur yang disodorin di pintu masuk itu, kita pasti keluar bawa barang tentengan πŸ™‚ Jadi dulu saya biasanya selalu menghindari menerima brosur promosi seperti itu he..he…
Tetapi setelah kami memiliki bisnis jualan secara online, saya terima saja untuk dipelajari, apa sih macam-macam promosikan yang mereka lakukan untuk meningkatkan omset mereka, smart kan πŸ™‚ Sekalian nanti brosurnya bisa dipakai untuk bungkus sesuatu he..he..
Macam-macam promosinya, betul tidak?
  • Ada SALE Diskon 50% untuk item tertentu.
  • Ada Buy 1 Get 1 Free.
  • Ada belanja minimal sekian, bisa beli barang lain dengan lebih murah.
  • Terus ada lagi bundle dari beberapa barang, dijual dengan harga lebih murah.
  • Dan masih banyak lagi variasinya.

Mengapa Retailer Rutin (baca: Selalu) Membuat Program Promosi?

Rasanya tiap kali datang ke retailer besar seperti itu, selalu ada produk yang lagi di diskon atau dibuat penawaran spesial. Selalu Ada. Tidak pernah saya datang, mereka tidak sedang membuat sebuah program promosi tertentu πŸ™‚
Apalagi kalau sudah mendekati masa-masa hari besar seperti Hari Raya Lebaran atau Natal / Akhir Tahun, tambah banyak saja penawarannya.
Kenapa mereka rutin atau selalu membuat program marketing dan promosi seperti itu?
Tidak lain dan tidak bukan karena program tersebut berjalan dan terbukti bisa meningkatkan omset mereka!
Customer atau pengunjung selalu senang dengan sebuah promo diskon,  penawaran khusus atau dapat hadiah tambahan. Saya rasa tidak ada orang di dunia ini yang tidak suka dapat diskon, dapat hadiah tambahan atau bisa lebih hemat uangnya.
Oh mungkin ada ya… kalau Anda uangnya sudah tidak pakai no seri (alias kaya banget) πŸ™‚
Saya ingat dulu saat anak saya masih balita, kami sering pergi ke supermarket untuk beli susu bayi. Dekat rumah ada supermarket kecil yang harganya standard, tidak murah tapi ya juga tidak mahal.
Tapi gara-gara istri saya tahu sebuah program di sebuah supermarket besar (awalnya huruf H, jauh dari rumah) bahwa setiap belanja nominal tertentu (Rp 300.000 atau berapa gitu, persisnya saya lupa), kita akan dapat stiker. Lho?
Stiker ini terus ditempel di sebuah form yang disediakan dimana kalau form ini sudah full stiker (mungkin 15 atau 20 stiker) maka dia boleh membeli satu set pisau yang konon harganya Rp 1.500.000,- cuma dengan Rp 250.000,- 
BOLEH Beli, BUKAN Gratis lho!
Gara-gara stiker itu, kita harus pergi lebih jauh untuk beli susu. Tapi argumentasi istri saya adalah “Pisaunya bagus lho, kita belum punya“. Ya jadilah kita mengumpulin stiker dengan rajin πŸ™‚
Artinya retailer besar tersebut sukses dengan program marketing tersebut, buktinya selain istri saya, saya juga melihat banyak ibu-ibu yang sibuk ngumpulin stiker pada saat itu he..he..
Jadi sekarang Anda mulai tahu kan, kenapa setiap retailer melakukan program promosi dan marketing secara rutin?
Tanpa membuat program marketing dan promosi secara rutin, dapat dipastikan omset mereka akan flat dan cenderung turun. Oleh sebab itulah mereka punya Marketing and Promotion Department yang setiap hari mikirnya cuma, apa program promosi dan marketing yang bisa dilakukan minggu atau bulan ini.
Bagaimana Menerapkan Strategi Ini di Bisnis Toko Online Anda?
Nah setelah mengetahui pentingnya membuat program promosi dan marketing, bagaimana efektifnya itu di dunia offline, jadi mengapa kita tidak melakukannya untuk bisnis online kita juga?
Saya bisa pastikan saat Anda rutin membuat program marketing dan promosi seperti itu, omset Anda bakal naik.
Nah, bagaimana untuk memulainya?
Anda tidak perlu membangun atau memiliki tim Marketing and Promotion Department dulu, baru Anda  merasa bisa membuat program marketing dan promosi seperti itu.
Sama sekali tidak perlu. Anda bisa saja baru punya beberapa staf di bisnis Anda. Atau bahkan mungkin masih ngerjain bisnis Anda sendirian, tidak apa-apa, berikut saya jelaskan langkah-langkahnya.
Yang penting syaratnya Anda sudah menjual berbagai macam produk dan Anda sudah punya customer atau toko online Anda sudah ada pengunjung (baik customer lama ataupun dari iklan).
Ok jadi langkah-langkah sederhananya adalah sebagai berikut…

1) Tentukan Program Marketing dan Promosi yang ingin Anda Buat

Coba Anda pikirkan, munculkan ide-ide, apa program marketing, promosi dan diskon yang bisa Anda buat di bisnis Anda.
Setiap bisnis berbeda, produk yang dijual berbeda, profit margin berbeda dan ada banyak faktor lain yang juga perlu dipertimbangkan sehingga tidak ada program marketing yang baku untuk semua bisnis.
Buy 1 Get 1 Free mungkin cocok untuk bisnis jualan baju bayi karena profit margin besar tapi bangkrutlah kalau toko jualan kamera melakukan program Buy 1 Get 1 Free he..he.. πŸ™‚ Jadi coba pikirkan apa yang masuk akal dilakukan di bisnis Anda.
Diskon50Persen
Berikut beberapa ide yang bisa Anda lakukan:
  • Diskon Spesial xx% untuk item tertentu dalam minggu ini.
  • Buy 2 Get 1 Free untuk kategori produk tertentu.
  • Paket Bundle dimana beli item X,Y dan Z sekaligus, bisa lebih murah dibanding beli sendiri-sendiri (ingat Paket Pahe McD?).
  • Diskon atau Harga Berjenjang. Jadi beli lebih dari 3 dapat harga khusus. Beli 12, dapat harga lebih murah lagi.
  • Diskon 14% untuk kategori produk kecantikan selama bulan Febuari (hari Valentine).
  • Beli item X bisa beli produk Y dengan harga sangat murah (subsidi silang).
  • Free Shipping untuk Jabodetabek untuk pembelian minimal tertentu.
  • Dan masih banyak yang bisa dibuat.
Ya sebenarnya variasi program marketing dan promosi bisa banyak sekali.
Tolong Anda beri masukan, apa lagi program marketing dan promosi yang bisa dilakukan, yang belum saya sebutkan diatas?
Berikan jawaban Anda di bagian komentar di bawah artikel ini. Biar latihan memunculkan ide kreatif dan juga membantu semua pembaca artikel ini juga πŸ™‚

2) Setup Program Marketing dan Promosi di Sistem Toko Online Anda

Setelah menentukan program marketing dan promosi yang ingin Anda lakukan, Anda bisa setup program marketing dan promosi yang ingin Anda lakukan di sistem toko online yang mendukung seperti WooCommerce, Magento, Prestashop atau lainnya.
Hal ini akan jauh memudahkan Anda karena semua berjalan dan terhitung secara otomatis, bukan manual. Jadi kalau misalkan Anda buat program Buy 2 Get 1 Free untuk item tertentu, maka saat seseorang menambahkan 3 item tersebut ke keranjang belanja, otomatis yang ditagihkan hanya 2 saja, keren kan? πŸ™‚
Mau manual sih bisa saja, tetapi tentu akan lebih ribet dan rawan kesalahan karena faktor human error.
Apalagi kalau Anda sedang menjalankan beberapa program marketing sekaligus dimana misalkan Anda membuat program Buy 2 Get 1 Free hanya untuk kategori X dan Y, sedangkan untuk kategori Z ada program diskon 15% dengan minimal pembelian sekian, sampai dengan akhir bulan ini.
Mulai tidak masuk akal untuk mengajari dan mengingatkan seluruh CS untuk memproses order secara manual. Kemungkinan untuk salah jadi besar, dan akhirnya saat terjadi kesalahan, entah customer yang dirugikan sehingga marah dan komplain atau kemungkinan satunya adalah Anda yang mengalami kerugian he..he..
Agar Toko Online Anda bisa berkembang lebih besar ke depannya, Anda perlu memiliki sistem toko online yang bisa membuat berbagai program marketing dan promosi.
Mengatur program marketing dan promosi yang sederhana seperti yang dijelaskan, mungkin cuma butuh waktu 15-20 menit saja di sistem yang sudah siap.
Jika Anda ingin membuat dan membangun Toko Online yang memungkinkan Anda untuk membuat berbagai program marketing dan promosi, dimana Anda dipandu langkah demi langkah melalui video tutorial, silakan baca informasinya di WooBrandStore.com.
ATAU bisa juga menggunakan theme toko online yang kami rekomendasikan untuk bisa membuat program marketing yang sederhana seperti kupon diskon, tabel harga grosir dll.

3) Broadcast dan Informasikan Program Marketing dan Promosi Anda

Setelah Anda siap, maka Anda perlu menginformasikan program marketing dan promosi yang sedang berjalan ke dua kelompok orang,  yaitu:
  1. Customer lama yang pernah membeli di toko Anda. Bisa melalui email, BBM, SMS, Facebook dll.
  2. Pengunjung toko online Anda. Jadi saat ada di website toko online Anda, pengunjung tahu program promosi yang sedang berlangsung. Bisa dengan membuat dan menampilkan slider/banner di homepage ataupun menggunakan Notification Bar dimana Anda bisa menginformasikan program marketing dan promosi di baris paling atas website yang muncul di semua halaman.
Jadi tiga langkah sederhana itulah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan omset bisnis Anda melalui program marketing dan promosi. Lakukan 3 langkah diatas secara rutin dan berkala, saya bisa pastikan omset Anda akan meningkat.
Oh ya, Anda bisa memberikan beri ide-ide tentang apa program marketing dan promosi yang menarik, yang bisa dilakukan di bisnis toko online.
Berikan jawaban Anda di bagian komentar di bawah artikel ini. Biar latihan memunculkan ide kreatif dan juga membantu semua pembaca artikel ini juga πŸ™‚

Sumber : belajarbisnisinternet.com
Recomend share video : Sebuah tempat untuk berbagi video, kali ini kami mendukung Picture, Break, CollegeHumor, Dailymotion, Funny Or Die, Metacafe, SoundCloud, Twitch, Vine, Vimeo, Youtube, Youku, nikmati sekarang KINGMEDIA

0 Response to "Rahasia Kedua Meningkatkan Omset Toko Online Anda"

Post a Comment